BANER 2

Rapat Koordinasi Proktor SD Sekecamatan Menganti 13 Oktober 2023

 Pada hari Jum'at, tanggal 13 Oktober 2023 diadakan rapat koordinasi ke-2 Proktor ANBK sd sekecamatan menganti di UPT dinas pendidikan Menganti. Rapat ini diadakan dalam rangka melanjutkan persiapan yang sudah dilaksanakan pada rakord yang pertama


Asesmen Nasional atau ANBK adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud. Program evaluasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

ANBK dilaksanakan dengan 3 instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. AKM digunakan untuk mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) para siswa.

Pembukaan rapat diawali dengan sambutan dari bapak Imam Fahrudin, S.Pd. selaku ketua operator sekolah kecamatan Menganti. Beliau menekankan pentingnya peran proktor dalam menyiapkan administrasi dan perangkat yang akan digunakan yaitu pc server & client. Beliau juga menyoroti hasil rapat sebelumnya dan melakukan evaluasi yang perlu dilakukan untuk memastikan pelaksanaan ANBK berjalan lancar.



Rapat ini dihadiri oleh bapak ezar selaku help desk operator dinas kabupaten gresik dan bapak-ibu proktor sd sekecamatan menganti.

Memasuki acara inti rapat, bapak ezar menjelaskan beberapa point-point penting yang harus diperhatikan supaya pelaksanaan ANBK berjalan dengan lancar mengingat pelaksanaan gelombang 1 sudah didepan mata
berikut adalah poin-poin penting yang beliau sampaikan :

1. Melakukan Penarikan peserta: proktor diharuskan sudah melakukan penarikan peserta di biodata siswa pada laman anbk.

2. Pengaturan Sesi: Proktor diharuskan sudah mengatur gelombang dan sesi dengan teliti, terdapat 4 gelombang yaitu gelombang 1 pada tanggal 23 - 24 Oktober, gelombang 2 tanggal 25 - 26 Oktober, gelombang 3 30 - 31 Oktober dan gelombang 4 pada tanggal 01 - 02 November.

3. Pakta Integritas: Proktor diharuskan sudah mengisi dan mengupload pakta intergritas, mulai dari Penanggung jawab, proktor, teknisi dan pengawas silang yang kemudian diisi pada spreadsheet yang telah dibagikan

4. Tahapan Sinkronisasi: Proktor diharapkan mengikuti setiap langkah-langkah sinkronisasi dengan benar dan tidak ada yang terlewat. Melakukan pengecekan versi vhd, client, dan windows server yang digunakan sudah sesuai dengan yang ada pada laman anbk.

Dalam kesimpulan rapat koordinasi Proktor ANBK yang diadakan pada hari Jumat, tanggal 13 Oktober 2023, di UPT Dinas Pendidikan Menganti, Rakord kedua ini adalah upaya serius dalam melanjutkan persiapan pelaksanaan ANBK, setelah sebelumnya telah dilakukan rakord pertama. Rapat ini menjadi forum penting untuk menyusun strategi dan mengatasi berbagai kendala yang mungkin muncul selama pelaksanaan ujian.
Sebagai persiapan menghadapi gelombang pertama pelaksanaan ANBK yang sudah dekat, rapat ini diharapkan bahwa proktor telah memahami tugas dan tanggung jawab mereka. Dengan fokus pada ketelitian dan kepatuhan terhadap prosedur, diharapkan pelaksanaan ANBK pada gelombang 1 hingga gelombang 4 dapat berlangsung dengan sukses dan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Penulis: Muhammad Arga Budi Iswara


Operator & Proktor Kec. Menganti

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama